DASAR PEMIKIRAN


Bismillahirrohmanirrohim. Alhamdulillah wa syukurillah laa haula walaa kuwwata illa billah. Puji Syukur hanya bagi Allah SWT, shalawat dan salam semoga senatiasa tercurah kepada baginda rasul Muhammad SAW, keluarganya, sahabat-sahabatnya dan seluruh pengikutnya. aamiin.

Kita semua tentu menyadari bahwa pendidikan adalah pilar penting kemajuan bangsa. Pendidikan memiliki peran yang sangat strategis dalam mewujudkan tatanan kemasyarakatan yang baik, pembangunan nasional yang maju, perekonomian yang mapan, dan iklim kemajuan dalam hal apapun. Kesadaran itulah yang harus terus kita pelihara sebagai wujud kecintaan terhadap bangsa dan negara tercinta, Indonesia. Namun, kesadaran akan pentingnya pendidikan tidak cukup berhenti pada tataran pemikiran, kesadaran ini harus kita bangun dalam praktek amal nyata.

Satu hal yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan amal nyata terhadap pendidikan adalah dengan mendukung program-progam pendidikan nasional, baik yang digagas oleh pemerintah, lembaga sosial keagamaan dan kemasyarakatan dan salah satu organisasi yang sangat concern terhadap bidang pendidikan adalah Muhammadiyah.

Muhammadiyah kini sudah berusia lebih dari satu abad (106 th) menurut perhitungan kalender Masehi. Organisasi yang didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan, kini telah menjelma menjadi salah satu pilar utama di Republik Indonesia dan dengan sungguh-sungguh membantu negara ini mewujudkan negara berkemajuan, baldatun tayyibatun wa raabun ghafur. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Muhammadiyah bersungguh-sungguh menangani pendidikan. Hal itu dilakukan atas kesadaran Muhammadiyah bahwa dengan pendidikan inilah karakter bangsa akan terbentuk dan kemajuan dalam segala bidang dapat diraih. Lembaga Pendidikan Muhammadiyah saat ini telah tersebar hampir diseluruh pelosok nusantara, termasuk di Kabupaten Trenggalek - Jawa Timur.

Menurut data Majelis Dikdasmen dan Majelis Dikti PP Muhammadiyah, sampai saat ini tercatat Muhammadiyah memiliki 177 Perguruan Tinggi, 4.623 TK/TPQ, 2.604 SD/MI, 1.772 SMP/MTs, 1.143 SMA/MA/SMK. Jumlah yang sangat besar untuk sebuah organisasi non pemerintah. Namun dengan begitu banyaknya lembaga pendidikan yang dimilki, Muhammadiyah menyadari bahwa tidak semuanya mampu berkontribusi secara maksimal. Puluhan ribu sekolah Muhammadiyah tersebut mayoritas berbentuk sekolah umum, sedangkan yang berbentuk pesantren hanya berjumlah 150an. Padahal saat ini, kesadaran baru telah terbentuk dalam lingkup persyarikatan Muhammadiyah, bahwa pendidikan akan semakin berdampak dengan metode pendidikan berbasis Pesantren. Kultur dan sistem pendidikan pesantren dirasa menjadi alternatif solusi untuk membentengi generasi muda dari rusaknya moralitas jaman.

Berdasar pada pemikiran itulah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Trenggalek mendirikan Pondok Pesantren Modern dengan brading Muhammadiyah Boarding School (MBS). Pondok Pesantren ini diharapkan mampu menjadi wadah untuk memperdalam agama Islam, belajar menjadi pribadi mandiri dan berkarakter dan juga untuk mempertajam pengetahuan global, sains dan teknologi. Disamping kurikulum Pesantren, MBS juga akan didirikan lembaga pendidikan formal yaitu Sekolah Inovatif SMP Muhammadiyah 1 Trenggalek sebagi proyeksi kelanjutan Sekolah Inovatif SD Muhammadiyah 1 Trenggalek. Perpaduan antara pendidikan pesantren dan pendidikan formal inilah yang akan mendesain dan mencetak kader-kader muslim yang berkarakter, berakhlak mulia dan terampil dalam rangka mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

COMMENTS

Name

Aksi,37,Artikel Pendidikan,11,Informasi,24,Kabar Persyarikatan,25,Kajian,28,Prestasi,23,Tahukah Kamu?,16,
ltr
static_page
MBS TRENGGALEK: DASAR PEMIKIRAN
DASAR PEMIKIRAN
MBS TRENGGALEK
https://www.mbsmu.com/p/dasar-pemikiran.html
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/p/dasar-pemikiran.html
true
120059883317363549
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content