Dauroh Tahfidz Al Quran Cara Menghafal Luar Biasa

  seorang anak sedang membaca al qur'an / foto: quranacademy.us.com Dauroh adalah kegiatan khusus dengan meluangkan waktu khusus dan dim...

 

Dauroh Tahfidz Al Quran Cara Menghafal Luar Biasa
seorang anak sedang membaca al qur'an / foto: quranacademy.us.com

Dauroh adalah kegiatan khusus dengan meluangkan waktu khusus dan dimungkinkan dilaksanakan di tempat yang khusus untuk efektivitas kegiatan dan fokus mempelajari hal tertentu. Dauroh berasal dari kata dara-yaduruu-dauroh yang artinya pelatihan, sehingga para nara sumber ataupun Pelatih secara intensif akan lebih fokus dalam mengelola pelatihan, peserta hanya mempelajari atau berlatih hanya pada materi dan kegiatan yang di programkan, tidak dibebani dengan kegiatan lain yang tidak berhubungan dengan pelatihan.

Menghafal adalah suatu aktivitas menanamkan suatu materi (ayat-ayat Al Quran) di dalam ingatan, sehingga nantinya dapat diingat kembali (diucapkan kembali tanpa melihat teks) sesuai dengan materi yang asli. Proses menghafal berbeda dengan mengingat. Mengingat lebih mudah dilakukan karena dalam proses mengingat,  otak akan menghubungkan sesuatu yang telah diingat dengan materi yang baru, terjadi proses pemahaman sehingga mempercepat tertanamnya materi ke dalam otak. Dalam memproduksi kembali ingatan yang telah kita ingat tidak harus sama persis dengan redaksi yang telah kita ingat pada awalnya karena terjadi proses pemahaman. Ini tidak sama dengan menghafal Al Quran, menghafal adalah proses mengulang-ulang materi sehingga materi yang di produksi (dihafalkan ulang) sama persis seperti materi pertama kali dihafalkan.

Menyempatkan waktu khusus untuk menghafal Al Quran adalah penting. Tingkat keberhasilan menghafal Al Quran dengan menggunakan waktu khusus lebih baik hasilnya dari pada menghafal dengan menyisihkan waktu dalam sehari menggunakan beberapa menit atau beberapa jam sedangkan waktu yang lain digunakan aktivitas lain yang tidak ada hubungannya dengan menghafal. Hasil hafalan yang telah didapat akan tertindih dengan kegiatan lain, sehingga hasil rekaman hafalan di otak akan terdegradasi. Pada saat hafalan belum kuat maka akan terjadi kecenderungan untuk menghilang sehingga pada esok harinya akan mengulang hafalan dari nol  atau sebagian besar hafalan membekas dalam jumlah yang tidak optimal.

Macam-macam Dauroh Tahfidz Al Quran

Ziyadah dalam Bahasa Arab adalah menambah, berasal dari kata zaada – yaziidu ziyaadah (ziyaadatan) yang artinya bertambah. Dalam kegiatan dauroh ini peserta atau santri dauroh menyetorkan hafalan kepada seorang pendamping dauroh (mustamik) dalam sebuah halaqoh (kelompok belajar) yang terdiri dari 5 sampai dengan 10 santri dalam sehari terdiri dari 5 sampai dengan 7 halaqoh. Santri tidak mengulang hafalan yang telah disetorkan, santri melanjutkan baris atau halaman berikutnya. Dalam dauroh ini dimungkinkan santri akan mendapatkan hafalan yang banyak, dalam 2 bulan santri bisa mencapai   30 Juz bahkan bisa tercapai kurang dari 2 bulan. Akan tetapi santri masih mempunyai tanggungan untuk menguatkan hafalannya dikemudian hari supaya hafalannya menetap atau tidak lupa.

Muroja’ah berasal dari kata “rojaa yarji'u” dan “muroja'atan” yang artinya adalah kembali. Dalam dauroh tahfidz Al Quran muroja’ah santri dauroh mempunyai kewajiban untuk mengulang kembali hafalan sebelumnya apabila akan menyetor hafalan baru untuk menjaga dari lupa dan salah. Apabila hafalan sebelumnya lupa maka santri belum bisa melanjutkan hafalan berikutnya. Dalam dauroh muroja’ah ini santri mempunyai hafalan lebih menetap atau tidak lupa dari pada dauroh ziyadah.  Dikemudian hari tanggungan untuk menguatkan hafalan lebih ringan.

Mutqin, berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti kuat. Dauroh mutqin, peserta di tuntut untuk menghafal sampai hafalannya kuat melekat. Setoran peserta tidak cukup satu kali setoran hafalan, akan tetapi bisa beberapa kali untuk memastikan bahwa hafalannya kuat,  lancar dan benar. Apabila peserta sudah kuat hafalannya, maka dikemudian hari peserta tinggal mengulang menghafalnya untuk menjaga supaya tidak lupa. Dalam dauroh mutqin biasanya target yang di tetapkan tidak sebanyak pada dauroh muroja’aah apalagi dauroh ziyadah, karena fokus pada kuatnya hafalan yang diperoleh.

Apa yang Diperoleh Peserta Dauroh?

Memperbaiki Bacaan Al Quran (Tahsin), sebelum menghafal peserta  melaksanakan tilawah  Al Quran dahulu yakni: membaca Al Quran dengan bacaan yang menampakkan huruf-hurufnya dan berhati-hati dalam melafazkannya agar lebih mudah untuk memahami makna-makna yang terkandung di dalamnya. Dalam kegiatan ini peserta dauroh di dampingi untuk memperbagus bacaan Al-Quran sesuai dengan tajwid, baik dari aspek makhraj huruf, sifat huruf, maupun keindahan bacaan. Karena dilaksanakan dengan intensif dan fokus maka proses memperbaiki bacaan akan lebih efektif, kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi sebelumnya dievaluasi dan langsung diperbaiki dan dilaksanakan secara terus menerus sehingga hasil perbaikan tersebut menjadi permanen atau terjadi habituasi atau pembiasaan yang baik dan benar dalam membaca Al Quran benar-benar tertanam.

Menambah Hafalan, bagi peserta yang baru memulai menghafal maka dia mendapat hafalan baru. Peserta yang sebelumnya sudah mempunyai hafalan tinggal melanjutkan hafalannya, apabila menginginkan lebih kuat hafalan sebelumnya maka dia mengulang kembali, apabila peserta menginginkan menambah hafalan maka tinggal melanjutkan saja.  Peserta yang hafalannya pada tahap ziyadah maka bisa meningkatkan pada tingkat murojaah atau bahkan mutqin. Bagi peserta yang sudah sampai pada tahap muroja’ah bisa melanjutkan ke tahap mutqin. Tambahan hafalan peserta tidak hanya pada jumlah baris, halaman atau surat saja tapi tingkat kualitas kuatnya hafalan dilakukan dalam kegiatan dauroh ini.

Menemukan Metode dan Passion Menghafal

Suatu metode tidak selalu tepat untuk seseorang. Satu metode menghafal cocok dengan seseorang belum tentu cocok dengan orang lain. Ini terlihat dari variasi hasil yang dicapai dari satu metode yang sama diterapkan pada beberapa orang.  Dalam menghafal masing-masing peserta mempunyai passion yang berbeda. Passion adalah keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu sesuai motivasi, keinginan, dan antusiasme. Apabila peserta sudah menemukan metode yang cocok dengan dirinya dan menemukan passion yang sesuai  dalam menghafal Al Quran maka akan lebih mudah menghafal Al Quran. Dalam dauroh akan menemukan hal tersebut di atas yang tidak didapat dalam kegiatan menghafal yang dilakukan dengan menyisihkan waktu beberapa menit atau beberapa jam dalam sehari, bahkan kadang kegiatan menghafal tidak berkelanjutan hanya sekali waktu saja. Dalam dauroh sangat dimungkinkan setiap peserta menghafal sesuai dengan metode dan passion masing-masing.

Tumbuh Cinta pada Al Quran

Witèng tresno jalaran songko kulino”. Ungkapan jawa di atas mengambarkan bahwa kedekatan yang intens pada sesuatu dalam jangka tertentu dapat menimbulkan cinta atau timbul rasa dekat. Mengkhususkan waktu tertentu dalam menghafal Al Quran secara intensif akan menimbulkan rasa cinta pada Al Quran. Mungkin dalam saat tertentu timbul kebosanan, namun suatu waktu akan muncul kerinduan karena telah mengisi relung hatinya.

*) Imam Nur Kozin, Ketua Majlis Dikdasmen PDM Trenggalek Periode 2015-2022, Ketua Penjamin Mutu PPM MBS Trenggalek

COMMENTS

Name

Aksi,66,Artikel Pendidikan,11,Informasi,38,Kabar Persyarikatan,25,Kajian,29,Prestasi,25,Tahukah Kamu?,21,
ltr
item
MBS TRENGGALEK: Dauroh Tahfidz Al Quran Cara Menghafal Luar Biasa
Dauroh Tahfidz Al Quran Cara Menghafal Luar Biasa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgx89BG-AITCwOtniuHAXM2Ji_Jt6FU6rD1TB9E9NkL4WjtZq8cRhPe6FRtg3umhvV2SCW3hoo0OoZUc54HgQoQSDQ0IudNQAhLigpOJ1X2a423O3cUBsmhnwlPC0CLOI9LYhg9x_1i2PXPCDRjiuB3QVAvsRS1M1ig8L-Zxcn0QBGvAUsY_9JGdIxD/s16000/The-Benefits-of-Reading-Quran-for-Kids-3-scaled-1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgx89BG-AITCwOtniuHAXM2Ji_Jt6FU6rD1TB9E9NkL4WjtZq8cRhPe6FRtg3umhvV2SCW3hoo0OoZUc54HgQoQSDQ0IudNQAhLigpOJ1X2a423O3cUBsmhnwlPC0CLOI9LYhg9x_1i2PXPCDRjiuB3QVAvsRS1M1ig8L-Zxcn0QBGvAUsY_9JGdIxD/s72-c/The-Benefits-of-Reading-Quran-for-Kids-3-scaled-1.jpg
MBS TRENGGALEK
https://www.mbsmu.com/2023/01/dauroh-tahfidz-al-quran-cara-menghafal.html
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/2023/01/dauroh-tahfidz-al-quran-cara-menghafal.html
true
120059883317363549
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content