Gandeng YDSF dan KPI Surabaya, MBS Trenggalek gelar PelatihanPengelolaan Kelas Aktif Berbasis Karakter

Prof. Mahmud Yunus, seorang ulama besar asal Minangkabau mengatakan bahwa, bagi guru menguasai metode pembelajaran itu lebih penting darip...
Gandeng YDSF dan KPI Surabaya, MBS Trenggalek gelar PelatihanPengelolaan Kelas Aktif Berbasis Karakter
Prof. Mahmud Yunus, seorang ulama besar asal Minangkabau mengatakan bahwa, bagi guru menguasai metode pembelajaran itu lebih penting daripada menguasai materi pelajaran. Artinya, meskipun seorang guru mampu menguasai materi dengan baik, namun ketika metode mengajarnya salah atau tidak tepat, maka peserta didik akan sulit menerima pelajaran. Setidaknya itulah yang melatar belakangi adanya kegiatan PELATIHAN PENGELOLAAN KELAS AKTIF BERBASIS KARAKTER yang digagas oleh SMP Muhammadiyah 1 Trenggalek (27-29 Juli 2017).

Selain itu, penguatan karakter peserta didik dewasa ini juga mutlak dilakukan oleh para guru. Fenomena kenakalan remaja, hilangnya sopan santun terhadap orang tua, bahkan sampai terjadi kasus guru dipolisikan oleh siswanya sendiri karena dinilai melakukan pelanggaran HAM adalah contoh nyata bagaimana karakter remaja saaat ini memang sudah sangat memprihatinkan. Memang banyak faktor yang mempengaruhi, namun ketidakmampuan guru dalam menanamkan karakter atau nilai kebaikan pada siswa bisa jadi salah satu pemicunya. Nah, di dalam pelatihan ini guru dilatih bagaimana menerapkan pola pembelajaran yang menuntut siswa untuk membentuk karakter baik dalam dirinya, seperti semangat, pantang menyerah, sopan santun, ramah dan sebagainya.

Kegiatan yang terlaksana atas kerjasama Yayaysan Dana Sosial Al Falah (YDSF) dan Kualita Pendidikan Indonesia (KPI) ini, diikuti oleh 45 guru dari 5 sekolah, yaitu SMP Muhammadiyah 6 Pule, MTs Muhammadiyah 2 Gandusari, MTs Muhammadiyah 3 Tugu, MTs Muhammadiyah Watulimo dan SMP Muhammadiyah 1 Trenggalek sebagai penyelenggara. Kasi Kurikulum DIKPORA Kab. Trenggalek, Janjang Suherly dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. "saya sangat mengapresiasi adanya kegiatan pelatihan seperti ini, kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan terutama bagi guru yang kesulitan dalam menentukan metode pembelajaran" tuturnya. Janjang menambahkan pentingnya pembentukan karakter siswa saat ini, dimana era globalisasi telah membentuk pola hidup bebas, sehingga banyak siswa mencontoh gaya hidup bebas yang kebablasan. "kita jangan terlena dengan canggihnya teknologi, di era globalisasi ini teknologi layaknya dua sisi mata uang, ada sisi negatif dan positifnya, maka pembentukan karakter siswa sangat penting dilakukan oleh guru". imbuhnya.

Kegiatan yang dihelat di gegung Bhawarasa Kab. Trenggalek ini juga dihadiri Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Trenggalek, Drs. H. Rohmat, MM dan Staf PENMA Kemenag Trenggalek, Mislani. Pelatihan berjalan dengan sangat menarik dan membuat para peserta antusias mengikuti pelatihan sampai selesai. Salah satu metode yang diterapkan Trainer dalam pelatihan ini adalah kompetisi, dimana setiap kelompok yang punya prestasi akan mendapatkan bintang kertas. Akhirnya pelatihan ditutup dengan pemberian hadiah kepada kelompok dengan bintang terbanyak.

COMMENTS

Name

Aksi,63,Artikel Pendidikan,11,Informasi,38,Kabar Persyarikatan,25,Kajian,29,Prestasi,25,Tahukah Kamu?,21,
ltr
item
MBS TRENGGALEK: Gandeng YDSF dan KPI Surabaya, MBS Trenggalek gelar PelatihanPengelolaan Kelas Aktif Berbasis Karakter
Gandeng YDSF dan KPI Surabaya, MBS Trenggalek gelar PelatihanPengelolaan Kelas Aktif Berbasis Karakter
https://1.bp.blogspot.com/-C_qCIDsUm_0/WwO7KzYBGXI/AAAAAAAABBM/zpSMaGP8ydMZ_KaOSI3S0D_ddVtvedwwgCLcBGAs/s1600/PKA.JPG
https://1.bp.blogspot.com/-C_qCIDsUm_0/WwO7KzYBGXI/AAAAAAAABBM/zpSMaGP8ydMZ_KaOSI3S0D_ddVtvedwwgCLcBGAs/s72-c/PKA.JPG
MBS TRENGGALEK
https://www.mbsmu.com/2017/08/gandeng-ydsf-dan-kpi-surabaya-mbs.html
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/2017/08/gandeng-ydsf-dan-kpi-surabaya-mbs.html
true
120059883317363549
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content