Samakan Pemahaman, Kepala Sekolah Lakukan Briefing Sebelum Tarawih Perdana Dimulai

Malam ini seluruh umat islam Indonesia sudah mulai melaksanakan shalat tarawih sebagai penanda bahwa esok puasa ramadhan 1439 H siap dimul...
Samakan Pemahaman, Kepala Sekolah Lakukan Briefing Sebelum Tarawih Perdana Dimulai
Malam ini seluruh umat islam Indonesia sudah mulai melaksanakan shalat tarawih sebagai penanda bahwa esok puasa ramadhan 1439 H siap dimulai. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini baik Muhammadiyah maupun pemerintah kompak mengumumkan tanggal 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 17 Mei 2018. Bedanya, Muhammadiyah sudah jauh hari mengumumkan, sementara pemerintah baru kemarin sore melakukan press release pasca sidang Isbat.

Sama seperti umat muslim lainnya, keluarga besar MBS Trenggalek turut memulai aktifitas sholat tarawih (16/5) di musholla sementara lantai tiga. Sholat tarawih perdana, langsung diimami oleh kepala SMP MBS, Arifin, S.Pd.I.M.Pd. Peristiwa tidak biasa terjadi pada tarawih perdana itu.

Sesaat sebelum tarawih dimulai, Arifin memberikan briefing (pengarahan) kepada seluruh jama'ah yang terdiri dari seluruh santri dan para ustadz. Setelah sholat isya' dan sholat ba'diyah selesai ditunaikan, Arifin menjelaskan tentang tata cara sholat tarawih menurut tarjih Muhammadiyah. "Sebelum Tarawih dimulai, ada dua hal yang perlu saya sampaikan kepada antum semua". Tutur Pria berusia 29 tahun itu mengawali briefingnya.

"Pertama, menurut hasil ijtihad Majelis Tarjih dan Tajdid, formasi sholat tarawih yang dicontohkan Rasulullah itu ada 3. Yaitu 4-4-3 kemudian 2-2-2-2-3 dan yang terakhir 2-2-2-2-2-1" . Ujarnya. "Ini ijtihad, tidak perlu diperdebatkan, yang jelas saat ini kita semua berada di bawah naungan lembaga pendidikan Muhammadiyah, maka seyogyanya sami'na wa'atho'na dengan fatwa majelis Tarjih". Tandasnya.

Selain itu, Arifin juga menjelaskan mengenai pelaksanaan sholat istiftah sebagai sholat pembuka sebelum sholat tarawih, baik dasarnya maupun kaifiatnya. "Diantara kalian mungkin ada yang belum tahu bahwa sebelum sholat tarawih ada sholat pembuka yang dinamakan sholat istiftah atau iftitah". Ujar mantan ketua PD IPM Trenggalek 2008-2010. "Hadits yang menjadi dasar pelaksanaan sholat istiftah ini setidaknya ada 3, yang diriwayatkan oleh imam Muslim dan Abu Dawud". Imbuh kepala sekolah berusia 29 tahun.

Samakan Pemahaman, Kepala Sekolah Lakukan Briefing Sebelum Tarawih Perdana Dimulai

Lebih lanjut, Sekretaris Pemuda Muhammadiyah Trenggalek itu menjelaskan tentang kaifiat atau tata cara pelaksanaan sholat istiftah kepada seluruh jama'ah. "Sholat istiftah dilaksanakan dua roka'at, dimana pada rokaat pertama setelah takbir do'a yang dibaca adalah Subhanallah dzil malakuuti wal jabaruuti wal qibriya'i wal adzamah, kemudian membaca surat al-fatihah lalu rukuk". Tuturnya. "Sementara pada raka'at kedua, cukup membaca surat al-fatihah saja kemudian rukuk dan seterusnya hingga salam". Imbuhnya.

Pembekalan yang dilakukan Arifin bukan tanpa alasan. Pasalnya, tidak semua santri dan ustadz berasal dari lingkungan keluarga atau berlatar belakang pendidikan Muhammadiyah. "Ini penting saya jelaskan, agar tidak terjadi miss pemahaman antar santri dan ustadz dalam pelaksanaan sholat tarawih". Pungkasnya.

COMMENTS

Name

Aksi,60,Artikel Pendidikan,11,Informasi,38,Kabar Persyarikatan,25,Kajian,28,Prestasi,25,Tahukah Kamu?,21,
ltr
item
MBS TRENGGALEK: Samakan Pemahaman, Kepala Sekolah Lakukan Briefing Sebelum Tarawih Perdana Dimulai
Samakan Pemahaman, Kepala Sekolah Lakukan Briefing Sebelum Tarawih Perdana Dimulai
https://2.bp.blogspot.com/-_xUqpn-7ZGU/WvzdheoMkEI/AAAAAAAAA7U/577doKHFkxI8pAzo22zy4ro-WxGub6pBACLcBGAs/s1600/Samakan%2BPemahaman%252C%2BKepala%2BSekolah%2BLakukan%2BBriefing%2BSebelum%2BTarawih%2BPerdana%2BDimulai%2B2.jpeg
https://2.bp.blogspot.com/-_xUqpn-7ZGU/WvzdheoMkEI/AAAAAAAAA7U/577doKHFkxI8pAzo22zy4ro-WxGub6pBACLcBGAs/s72-c/Samakan%2BPemahaman%252C%2BKepala%2BSekolah%2BLakukan%2BBriefing%2BSebelum%2BTarawih%2BPerdana%2BDimulai%2B2.jpeg
MBS TRENGGALEK
https://www.mbsmu.com/2018/05/samakan-pemahaman-kepala-sekolah.html
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/2018/05/samakan-pemahaman-kepala-sekolah.html
true
120059883317363549
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content