Bantu Wujudkan Kabupaten Layak Anak, Nasyi'ah Trenggalek gelar Seminar Pengembangan Sekolah Ramah Anak

Seminar

 Bantu Wujudkan Kabupaten Layak Anak, Nasyi'ah Trenggalek gelar Seminar Pengembangan Sekolah Ramah Anak

mbsmu.com - Pimpinan Daerah Nasyiatul 'Aisyiyah (PDNA) Trenggalek menggelar Seminar Pengembangan Sekolah Ramah Anak (27/11). Tak kurang dari 200 peserta hadir dalam Acara yang digelar di Aula gedung Bhawarasa Kabupaten Trenggalek tersebut.

Hadir sebagai undangan, Bupati Trenggalek yang diwaliki Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A), Kepala Kesbangpol, Pimpian Daerah Muhammadiyah dan 'Aisyiyah, ortom serta Ketua Majelis Dikdasmen PDM dan PDA. Sementara itu peserta seminar terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, perwakilan wali murid dan perwakilan murid dari seluruh lembaga pendidikan Muhammadiyah dan' Aisyiyah Trenggalek.

Salah satu narasumber yang dihadirkan dalam seminar adalah Kepala Dinas Sosial dan P3A Trenggalek, Ratna Sulityowati. Dalam paparannya, ibu dua orang anak tersebut menyampaikan tentang prestasi Kabupaten Trenggalek yang 4 kali berturut-turut mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten layak anak. "Kita perlu bangga karena Trenggalek 4 kali berturut turut dapat penghargaan kabupaten layak anak dengan peringkat madya" tuturnya.




Lebih lanjut perempuan yang juga berprofesi sebagai dokter itu menjelaskan bahwa prestasi yang diraih Trenggalek itu didukung oleh lembaga pendidikan yang nenerapkan sekolah layak anak. "Pengahargaan ini salah satunya karena ada sekolah di Trenggalek yang sudah menerapkan Sekolah Ramah Anak". tuturnya. "Anak-anak harus dipastikan terpenuhi haknya baik drumah maupun di sekolah. Salah satu indikatornya, semua siswa sudah memiliki akta kelahiran atau KTA" jelas Ratna. "Data adminduk siswa termasuk akta kelahiran akan menjadi dasar pemberian bantuan pendidikan bagi siswa oleh pemerintah daerah" pungkasnya.

Sementara itu, Ketua majelis Sosial PW. 'Aisyiyah Jawa Timur, Budiyati, M.Pd. yang juga menjadi narasumber menyatakan bahwa sekolah ramah anak adalah sekolah yang tidak memberikan hukuman fisik berlebihan pada siswanya. "Misalnya push up 100 kali, hormat kepada tiang bendera di tengah terik matahari, itu tidak mendidik, tidak manusiawi. Sekolah Muhammadiyah harus menghindari hal-hal seperti itu" tegasnya.




Selain itu ada dua narasumber lain yang juga mengupas tentang bagaimana menciptakan sekolah ramah anak. Ada Siti Asmah, ketua Majelis Dikdasmen PWA Jatim dan juga Rully Sulistyani, M.Pd. Guru SMA Negeri 2 Trenggalek yang menjadi pelopor pengembangan sekolah ramah anak di Trenggalek.

Kegiatan yang dibuka oleh Kadinsos ini terlaksana atas kerjasama PDNA dan Pemerintah Kabupaten Trenggalek. Seminar ini dilaksanakan untuk mendukung program pengembangan sekolah ramah anak untuk meningkatkan Predikat Madya yang sudah diperoleh Pemkab. Trenggalek menuju Predikat Nindya. Pasalnya untuk mencapai predikat Tersebut 50% sekolah dikabupaten Trenggalek harus mendapat predikat sekolah ramah anak sebagaimana yang diutarakan Ka. Dinsos P3A. ipin

COMMENTS

Name

Aksi,63,Artikel Pendidikan,11,Informasi,38,Kabar Persyarikatan,25,Kajian,29,Prestasi,25,Tahukah Kamu?,21,
ltr
item
MBS TRENGGALEK: Bantu Wujudkan Kabupaten Layak Anak, Nasyi'ah Trenggalek gelar Seminar Pengembangan Sekolah Ramah Anak
Bantu Wujudkan Kabupaten Layak Anak, Nasyi'ah Trenggalek gelar Seminar Pengembangan Sekolah Ramah Anak
Seminar
https://1.bp.blogspot.com/-PtR2jY18oJo/XeCDh0PWoVI/AAAAAAAAB0Y/jElTNZB8EL0RBDWIAZGPIV4XWWAiDfYxwCLcBGAsYHQ/s1600/Seminar%2BSRA.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-PtR2jY18oJo/XeCDh0PWoVI/AAAAAAAAB0Y/jElTNZB8EL0RBDWIAZGPIV4XWWAiDfYxwCLcBGAsYHQ/s72-c/Seminar%2BSRA.jpeg
MBS TRENGGALEK
https://www.mbsmu.com/2019/11/bantu-wujudkan-kabupaten-layak-anak.html
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/2019/11/bantu-wujudkan-kabupaten-layak-anak.html
true
120059883317363549
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content