Welcome Camp Digelar, Santri Baru MBS Resmi Jadi Anggota HW

Kegiatan Upacara Pembukaan Welcome Camp/ foto: Arifin mbsmu.com - Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) Qobilah Mas Mansur Muhammadiyah Board...

Kegiatan Upacara Pembukaan Welcome Camp/ foto: Arifin
mbsmu.com - Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) Qobilah Mas Mansur Muhammadiyah Boarding School (MBS) Trenggalek gelar kegiatan Welcome Camp, Jum'at-Sabtu (8-9/9/23).

Kegiatan kemah yang diikuti seluruh santri baru MBS Trenggalek Tahun 2023/2024 ini bertempat di bumi perkemahan Umbulan Karang Desa Jajar Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek. Berjumlah 120 santri dari kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Trenggalek dan Kelas X MA Muhammadiyah Trenggalek yang sekaligus diamanahi menjadi pendamping kegiatan setelah sebelumnya mengikuti Training of Trainer.

Welcome Camp merupakan progam kerja dari kegiatan HW dalam bentuk kegiatan perkemahan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meresmikan anggota baru Hizbul Wathan (HW) MBS Trenggalek. Diterangkan oleh Arifin, Kepala SMP Muhammadiyah 1 Trenggalek sekaligus Pemimpin Qabilah Mas Mansur MBS Trenggalek, HW ini adalah kegiatan ekstrakurikuler wajib bagi seluruh santri dan perlu adanya peresmian anggota.

“Welcome camp ini merupakan program dari HW. HW adalah kegiatan ekstrakurikuler wajib bagi seluruh santri, sehingga santri baru perlu diresmikan melalui sebuah kegiatan, yang kemudian kita beri nama welcome camp. Anggota baru HW ini adalah santri baru MBS Trenggalek,” jelasnya.

Santri membuat pionering dalam kegiatan Welcome Camp/ foto: Arifin

Pada kegiatan welcome camp, peserta akan mengikuti serangkaian kegiatan kepanduan. Alfian Safroni selaku ketua panitia pelaksana menjelaskan, peserta akan mengikuti serangkaian kegiatan mulai dari pendirian tenda, jelajah alam, outbond dan pentas seni. "Selain itu peserta juga akan mengikuti perlombaan pionering, yel-yel dan baris berbaris," lanjut Alfian.

Yang akrab di sapa Ustaz Alfian itu menerangkan, sebagai tanda diresmikannya anggota baru, diakhir acara nanti akan dilakukan pembaretan untuk anggota putra dan penyematan stangan leher untuk anggota putri. "Sebelum pembaretan, peserta harus menemukan baret dan stangan leher yang diletakkan di tempat tertentu oleh panitia, " terang Alumni Pondok Ngabar tersebut.

Welcome Camp dibuka dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh BKTM dan BABINSA Desa Jajar, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek, Dewan Ustaz dan Ustazah MBS Trenggalek, dan Pembina HW MBS Trenggalek. Mujiarto selaku pembina Upacara menjelaskan tentang tugas anggota Hizbul Wathan. Ia menjelaskan salah satu tugas anggota HW tertuang pada undang-undang HW ke-6 yaitu menyayangi semua makhluk.

"Melalui kegiatan di alam terbuka, kita sedang mengamalkan undang-undang HW ke enam yaitu menyayangi semua makhluk," jelas Mujiarto.

"Alam itu termasuk tumbuh-tumbuhan, di dalamnya juga makhluk ciptaan Allah, maka kita harus menjaganya. Tidak boleh merusaknya," lanjut Wakil Direktur Bidang Kurikulum MBS Trenggalek itu. [Tim Redaksi]

COMMENTS

Name

Aksi,63,Artikel Pendidikan,11,Informasi,38,Kabar Persyarikatan,25,Kajian,29,Prestasi,25,Tahukah Kamu?,21,
ltr
item
MBS TRENGGALEK: Welcome Camp Digelar, Santri Baru MBS Resmi Jadi Anggota HW
Welcome Camp Digelar, Santri Baru MBS Resmi Jadi Anggota HW
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhrF1i4tjw5TxG8oHYX-IVN0GLdC4zP4oaHXa-pf9zq_rsPJoFLIVQEy2MwS6gJs8Cih7VyVbaKgPGgzYKidy_Gg5dKYewhgfjDJCPARa2-2Vq8FcBfiBcCoIP7jHMnO7-5T-sQ98oyyEEyH3uhGJI45HnXIeyPz1Y_TpLJgFFXbYkuRFw5U1GttsSev28/s16000/hw%20putra.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhrF1i4tjw5TxG8oHYX-IVN0GLdC4zP4oaHXa-pf9zq_rsPJoFLIVQEy2MwS6gJs8Cih7VyVbaKgPGgzYKidy_Gg5dKYewhgfjDJCPARa2-2Vq8FcBfiBcCoIP7jHMnO7-5T-sQ98oyyEEyH3uhGJI45HnXIeyPz1Y_TpLJgFFXbYkuRFw5U1GttsSev28/s72-c/hw%20putra.png
MBS TRENGGALEK
https://www.mbsmu.com/2023/09/welcome-camp-digelar-santri-baru-mbs.html
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/2023/09/welcome-camp-digelar-santri-baru-mbs.html
true
120059883317363549
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content