Ukir Sejarah, IPM MBS Trenggalek Gelar Musyawarah Ranting Perdana

Jum'at, 30 Maret 2018 menjadi hari bersejarah bagi seluruh santri MBS Trenggalek. Pasalnya, pada hari tersebut, untuk pertama kaliny...

Ukir Sejarah, IPM MBS Trenggalek Gelar Musyawarah Ranting Perdana

Jum'at, 30 Maret 2018 menjadi hari bersejarah bagi seluruh santri MBS Trenggalek. Pasalnya, pada hari tersebut, untuk pertama kalinya mereka memilih pemimpin. Pemimpin mereka nanti akan dikenal dengan istilah Ketua Pimpinan Ranting Ikatan Pelajaran Muhammadiyah (PR IPM) MBS Trenggalek.

Yaps... Inilah pembelajaran berdemokrasi ala Muhammadiyah. Musyawarah Ranting (Musyran) namanya. Melalui musyran inilah seluruh santri memilih pemimpin mereka.

Acara yang digelar di aula lantai 3 itu menjadi momen istimewa bagi seluruh santri, terutama mereka yang dinobatkan sebagai Calon Tetap Ketua. Acara tersebut dihandle langsung oleh kepala sekolah MBS Trenggalek, Arifin, M.Pd.I. Menurut informasi, istri dari Yoanita Martina Sutikno itu adalah mantan Ketua Pimpinan Daerah (PD) IPM Kabupaten Trenggalek selama dua periode.
Sebelum proses pemilihan dimulai, Arifin memberi petuah (baca :pesan) untuk seluruh santri. "Hari ini kita akan memilih ketua IPM, pemimpin seluruh santri MBS. Namun yang perlu antum pahami, sebenarnya kita semua adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan diminta pertanggungjawaban"
tutur kepala sekolah pertama MBS itu.

WhatsApp Image 2018-03-31 at 10.24.14(1)

Lebih lanjut Arifin secara khusus berpesan kepada seluruh kandidat ketua, bahwa siapapun nanti yang terpilih, harus mampu menjadi contoh bagi seluruh santri. "Putra maupun putri punya kesempatan dan tanggug jawab yang sama, siapapun yang terpilih harus bisa menjadi uswah khasanah". Ujarnya.

Menjadi rangkaian penting kegiatan, Arifin sebagai konseptor acara, turut menghadirkan Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Trenggalek. Sebagaimana diketahui bahwa IPM merupakan salah satu ortom Muhammadiyah yang memiliki struktur terintegrasi mulai dari Pimpinan Pusat (teratas) sampai Pimpinan Ranting (terbawah). Secara organisatoris IPM di MBS Trenggalek berada dibawah koordinasi langsung PD IPM Trenggalek.

PD IPM Trenggalek dihadirkan untuk memberi wawasan kepada seluruh peserta mengenai tethek mbengek IPM, yang meliputi sejarah, struktur organisasi, bidang-bidang sampai jenis-jenis kegiatan. Presentasi tentang ke-IPM-an disampaikan langsung oleh Ipmawati Rizka Ayu selaku ketua PD IPM Trenggalek saat ini.

Sementara itu, beberapa hari sebelum acara Musyran dihelat, sudah terpilih 12 calon tetap yang diseleksi langsung oleh kepala sekolah yang terdiri dari 6 calon santri putra dan 6 calon santri putri. Santri putra yang lolos seleksi adalah Amanu Nur Abdillah, M. Iqbal Alfarizqi, M. Fuad Zein, Nasrullah Rizal Biqqi, Briliant Fatkul Madani dan M. Rafif bintoro. Sementara wakil dari satri putri adalah Aisyah Amara Laila Husna, Gendhis Irma Dwianindya, Fatikathul Khusna, Nadiyatus Zahroul Khusna, Regita Azzahra Imelda Putri dan Assyifaul Fazzahra. Kedua belas kandidat adalah santri kelas 2.

WhatsApp Image 2018-03-31 at 10.24.14(2)

Setelah presentasi tentang ke-IPM-an berakhir, Arifin selaku moderator acara, memberikan kesempatan kepada seluruh calon tetap untuk mempresentasikan visi dan misi dihadapan seluruh santri MBS. Riuh tepuk tangan bergemuruh setelah M. Iqbal Alfarisqi bediri dan menjadi presentator pertama. "jika Allah mengijinkan saya menjadi ketua IPM MBS, maka saya akan berusaha membuat seluruh santri MBS lebih rajin ibadahnya, akan saya adakan kajian rutin tentang Al qur'an dan hadist secara rutin". Tutur Iqbal menyampaikan programnya.

Berbeda dengan Iqbal, Fatikathul Khusna memaparkan tentang program wajib berbahasa Indonesia, Arab dan Inggris bagi seluruh santri. "Jika saya terpilih, salah satu program saya adalah mewajibkan seluruh santri berbahasa Indonesia, Arab dan Inggris dan mengikis penggunaan bahasa Jawa". Papar santri asal desa Kamulan itu.

Setelah seluruh kandidat menyampaikan visi misinya, Arifin memberi kesempatan kepada seluruh santri MBS dan juga undangan yang hadir untuk memberikan pertanyaan mengenai program dari masing-masing calon. "Upaya apa yang akan kamu lakukan jika ada pelanggaran tatib yang dilakukan oleh santri, misalkan atribut tidak lengkap ketika upacara" tanya ustadzah Bunga kepada Amanu, salah satu kandidat. "Pertama akan saya ingatkan, jika tetap diulangi akan saya sanksi sesuai aturan yang berlaku". jawab amanu diikuti tepuk tangan seluruh peserta Musyran.

WhatsApp Image 2018-03-31 at 10.25.41

Seusai sesi tanya jawab, acara dilanjutkan dengan pemilihan ketua yang merupakan puncak acara Musyran. Sebelum pemilihan dilakukan, Arifin menjelaskan tentang tata cara pemilihan. "Sistem pemilihan pemimpin di Muhammadiyah berbeda dengan sistem pemilihan pada umumnya". Ujarnya. "calon yang mendapat suara terbanyak belum tentu otomatis menjadi ketua, karena prinsip kepemimpinan di Muhammadiyah adalah kolektif kolegial". Imbunya. "jadi seluruh peserta nanti harus memilih 9 calon tetap, dimana 9 nama dengan suara terbanyak akan ditetapkan menjadi formatur, nah formatur inilah yang akan menentukan siapa yang akan menjadi ketua". Pungkasnya.
Akhirnya, Musyran pertama itu memutuskan nama yang terpilih sebagai ketua PR IPM MBS Periode 2018-2019 adalah Amanu Nur Abdillah.

COMMENTS

Name

Aksi,66,Artikel Pendidikan,11,Informasi,38,Kabar Persyarikatan,25,Kajian,29,Prestasi,25,Tahukah Kamu?,21,
ltr
item
MBS TRENGGALEK: Ukir Sejarah, IPM MBS Trenggalek Gelar Musyawarah Ranting Perdana
Ukir Sejarah, IPM MBS Trenggalek Gelar Musyawarah Ranting Perdana
https://4.bp.blogspot.com/-l-M7Csx45xs/WumZvK69nqI/AAAAAAAAAtY/nCqilXV4LTU4IjlBFuoUIBLGMyZmSnvnQCLcBGAs/s1600/Ukir%2BSejarah%252C%2BIPM%2BMBS%2BTrenggalek%2BGelar%2BMusyawarah%2BRanting%2BPerdana.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-l-M7Csx45xs/WumZvK69nqI/AAAAAAAAAtY/nCqilXV4LTU4IjlBFuoUIBLGMyZmSnvnQCLcBGAs/s72-c/Ukir%2BSejarah%252C%2BIPM%2BMBS%2BTrenggalek%2BGelar%2BMusyawarah%2BRanting%2BPerdana.jpg
MBS TRENGGALEK
https://www.mbsmu.com/2018/03/ukir-sejarah-ipm-mbs-trenggalek-gelar.html
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/2018/03/ukir-sejarah-ipm-mbs-trenggalek-gelar.html
true
120059883317363549
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content