Pesan Hardiknas 2018 : Kuatkan Pendidikan, Majukan Kebudayaan

Tanggal 2 Mei menjadi hari bersejarah bagi insan pendidikan di seluruh penjuru tanah air. Tanggal tersebut mengingatkan mereka (insan ...
Tanggal 2 Mei menjadi hari bersejarah bagi insan pendidikan di seluruh penjuru tanah air. Tanggal tersebut mengingatkan mereka (insan pendidikan) pada salah satu tokoh peletak pondasi pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara. Karena jasa dan sumbangsihnya dalam memajukan pendidikan Indonesia, hari lahir Pahlawan Nasional yang terkenal dengan semboyan tut wuri handayani, diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Tokoh asal Pakualaman itu dilahirkan pada tanggal 2 Mei 1889. Ketentuan mengenai peringatan Hardiknas secara resmi termaktub dalam Surat Keputusan Presiden RI No. 305 tahun 1959 tertanggal 28 November 1959. Sejak saat itulah, Hardiknas selalu diperingati setiap tahun, termasuk tahun 2018.


Sebagai bagian dari objek pendidikan Indonesia, seluruh sivitas akademika Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School (MBS) Trenggalek turut serta memetik pesan Hardiknas melalui Upacara bendera (Rabu, 2/05/2018).
Digelar di halaman pondok, secara sederhana, upacara dilangsungkan dengan penuh hikmat dan menggema. Upacara dipimpin oleh Amanu Nur Abdillah, ketua IPM MBS Trenggalek. Sementara bertindak sebagai pembina upacara, Kepala SMP MBS, Arifin, M.Pd.

Sesuai dengan pedoman pelaksanaan yang disampaikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Trenggalek, salah satu bagian utama dari pelaksanaan upacara adalah pembacaan pidato resmi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Untuk itu, amanat pembina upacara berisi pidato mendikbud dengan  tema menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan.

Secara garis besar, isi teks pidato mendikbud, Muhadjir Efendi, menekankan pentingnya kolaborasi antara pendidikan dan kebudayaan. “Sesuai dengan tema tersebut, marilah kita jadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan Ki Hajar Dewantara”. Demikian pernyataan sang menteri di awal teks pidato yang disampaikan oleh Arifin.
Lebih lanjut, pada paragraf keempat, mendikbud lebih memperjelas mengenai keterkaitan antara pendidikan dan  kebudayaan. “Di dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003, BAB I, Pasal 1 ayat 2, disebutkan bahwa pendidikan nasional kita adalah pendidikan yang berdasarkan pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, sedangkan kebudayaan nasional merupakan akar pendidikan nasional. Dari sinilah terjadinya titik temu antara pendidikan dan kebudayaan. Jika kebudayaan nasional kita menghujam kuat di dalam tanah tumpah darah Indonesia, akan subur dan kukuh pulalah bangunan pendidikan nasional Indonesia”. Tulis mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.



Sehubungan dengan kondisi pendidikan Indonesia, secara jujur Muhadjir menjelaskan dalam tulisannya tentang masih lemahnya pendidikan tanah air.  “Kita menyadari bahwa kondisi ideal pendidikan dan kebudayaan nasional yang kita cita-citakan masih jauh dari jangkauan. Kita terus berupaya keras memperluas akses pendidikan yang berkualitas, terus menerus mengalibrasi praktik pendidikan agar memiliki presisi atau ketelitian yang tinggi, sesuai dengan tuntutan masyarakat, lapangan pekerjaan dan kebutuhan pembangunan”. Terang menteri yang pernah mengenyam pendidikan di Victoria University, British Columbia, Canada dalam tulisannya.

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia, menteri yang dilantik menggantikan Anis Baswedan menekankan tentang pentingnya memperbaiki kualitas mental dan karakter anak, melalui Program Pendidikan Karakter (PPK). “Untuk menjawab tantangan ini sejak awal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah meneguhkan pentingnya penguatan pendidikan karakter dan literasi, selain ikhtiar mencerdaskan bangsa”. Tulisnya.

Sementara itu dalam rangka menguatkan program pendidikan karakter, Mujadhir menerangkan tentang pentingnya pelibatan semua komponen bangsa sebagaimana yang diajarkan Ki Hajar Dewantara melalui tri pusat pendidikan, yaitu sekolah, rumah dan masyarakat. “Guru, orang tua dan masyarakat harus menjadi sumber kekuatan untuk memperbaiki kinerja dunia pendidikan dan kebudayaan dalam menumbukembangkan karakter dan literasi anak-anak Indonesia. Tripusat pendidikan itu harus secara simultan menjadi lahan subur tempat persemaian nilai-nilai relijius, kejujuran, kerja keras, gotong-royong, dan seterusnya bagi para penerus kedaulatan dan kemajuan bangsa”. Pesan Doctor ilmu sosial dari Universitas Airlangga Surabaya.


Di akhir teks pidato, Mendikbud berpesan kepada seluruh insan pendidikan agar terus berkontribusi memajukan pendidikan Indonesia dengan landasan keikhlasan. “Teruslah ikhlas dan tulus berkontribusi tak kenal henti bagi usaha menguatkan pendidikan Indonesia serta memajukan kebudayaan Indonesia. Semoga kita semua dapat menyaksikan Indonesia sebagai bangsa adidaya budaya dengan pendidikan kuat”.

COMMENTS

Name

Aksi,66,Artikel Pendidikan,11,Informasi,38,Kabar Persyarikatan,25,Kajian,29,Prestasi,25,Tahukah Kamu?,21,
ltr
item
MBS TRENGGALEK: Pesan Hardiknas 2018 : Kuatkan Pendidikan, Majukan Kebudayaan
Pesan Hardiknas 2018 : Kuatkan Pendidikan, Majukan Kebudayaan
https://3.bp.blogspot.com/-xFuUhvIPPBE/WuvkpDPj5jI/AAAAAAAAAxE/R3RUfmMnKc0oF_SamLLoaH1Hb1L2mCQOACLcBGAs/s1600/WhatsApp%2BImage%2B2018-05-03%2Bat%2B08.39.21%25282%2529.jpeg
https://3.bp.blogspot.com/-xFuUhvIPPBE/WuvkpDPj5jI/AAAAAAAAAxE/R3RUfmMnKc0oF_SamLLoaH1Hb1L2mCQOACLcBGAs/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2018-05-03%2Bat%2B08.39.21%25282%2529.jpeg
MBS TRENGGALEK
https://www.mbsmu.com/2018/05/pesan-hardiknas-2018-kuatkan-pendidikan.html
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/2018/05/pesan-hardiknas-2018-kuatkan-pendidikan.html
true
120059883317363549
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content