Istimewanya Perjuangan Santri MBS Trenggalek Menghafal Al-Qur’an

Kegiatan Munaqosyah Tahfidzul Qur'an MBS Trenggalek/ foto: Pipit Munaqosyah Tahfidzul Qur’an Santri Muhammadiyah Boarding School (MBS) T...

Kegiatan Munaqosyah Tahfidzul Qur'an MBS Trenggalek/ foto: Pipit
Munaqosyah Tahfidzul Qur’an Santri Muhammadiyah Boarding School (MBS) Trenggalek digelar di Pondok Tahfidz MBS Trenggalek, Pogalan pada hari Ahad (26/5/24). Dihadiri oleh Ustadz Drs. Rohmat M.M selaku Ketua Dewan Kyai MBS Trenggalek, Ustadz Anang Wahid Cahcoyo, Lc. M.HI selaku Direktur MBS Trenggalek, Mujiarto, M.Pd.I selaku Kepala MA Muhammadiyah Trenggalek, ustadz dan ustadzah, santri dan wali santri Munaqosah Tahfisdzul Qur’an MBS Trenggalek.

Santri MBS Trenggalek yang mengikuti Munaqosah Tahfidzul Qur’an setiap tahunnya mengalami peningkatan, pada tahun ini yang melaksanakan Munaqosyah berjumlah 83 santri. Ustadz Gunawan Wibisono, Pembina Tahfidz MBS Trenggalek mengatakan, sebelum kegiatan Munaqosyah ini para santri sudah melalui tahapan perjuangan menghafal yang sangat luar biasa. Mulai dari pembiasaan tahfidz setiap hari, menghafal, murojaah, setoran hafalan, dan karantina sebelum kegiatan Munaqosyah ini dilaksanakan.

“Ada tahapan Bapak Ibu sekalian, jadi anak-anak kita ini sudah berjuang luar biasa. Bapak Ibu patut bersyukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’aala, putra putri Bapak Ibu ini adalah putra putri yang sangat istimewa. Sekali lagi sangat-sangat istimewa,” tuturnya saat memberi sambutan kepada seluruh hadirin.

Kenapa istimewa, lanjutnya, karena disekian anak-anak santri MBS, anak-anak Bapak Ibu semuanya Allah pilih menjadi orang-orang yang menghafal kalamnya (Al-Qur’an). Hamba-hamba yang menghafal kalamnya.

“Ketika anak-anak kita taqarrub dengan Al-Qur’an, melakukan interaksi dengan Al-Qur’an, dengan cara membacanya, menghafalnya, mendakwahkannya maka InsyaAllah akan Allah muliakan. Allah akan meninggikan derajatnya. Dan sebaliknya, jika meninggalkannya, tidak mau membacanya, tidak mau menghafalkannya, maka Allah akan merendahkan orang-orang tersebut,” jelas Ustadz Gunawan saat menjelaskan arti Hadits keutamaan membaca Al-Qur’an.

« إِنَّ اللَّه يرفَعُ بِهذَا الكتاب أَقواماً ويضَعُ بِهِ آخَرين »

 “Sesungguhnya Allah SWT. akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Qur’an),  dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain.” (HR. Muslim).

Yang akrab dipanggil Ustadz Gunawan ini juga berharap kepada seluruh santri setelah Munaqosyah, mereka semakin semangat dalam berinteraksi dengan Al-Qur’an,  semangat menambahkan hafalan  Qurannya dan terus menjaga hafalan agar mutqin lancar dan tidak hilang.

“Hafalan kita ibarat tanaman. Harus terus dijaga, dirawat, disiram, diberi pupuk agar tumbuh dengan baik. Maka menjaga dan merawatnya adalah  dengan tekun murojaah  dan rajin setoran hafalan di halaqoh,” tuturnya.

Saya juga selalu memberikan semangat kepada anak-anak, lanjutnya. Quran itu adalah sebaik baik panduan hidup. Kunci sukses di dunia dan di akhirat, dan keberkahannya luar biasa banyak.

”Capek itu pasti, lelah itu biasa. Tapi Allah tidak akan pernah menyia-nyiakan perjuangam dan lelah kita. Hari ini kita berlelah-lelah untuk bela-belain Quran, tapi yakinlah Quran nanti akan belain kita di akherat kelak. Allah akan memuliakan orang-orang yang mencintai Al-Quran, banyak menghafalnya dan mengamalkannya,” tandasnya. [Tim Redaksi]

COMMENTS

Name

Aksi,70,Artikel Pendidikan,11,Informasi,38,Kabar Persyarikatan,26,Kajian,30,Prestasi,25,Tahukah Kamu?,21,
ltr
item
MBS TRENGGALEK: Istimewanya Perjuangan Santri MBS Trenggalek Menghafal Al-Qur’an
Istimewanya Perjuangan Santri MBS Trenggalek Menghafal Al-Qur’an
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfYgX-zmg52qF-IsKBEVdcaDxKMVrT9jh6aiGAc2cOBA3iaJZZNbA99aKHMC19CyiYaC0We4TjT0a1e2NOI7wqjlh9yxjieeSjjtjc9nfabrpgzup2OBVBZtJEcDujOviFpV-MjqsjA0hPCJusyPSvk01_qKpU0USm8OM4Xec_Xl94905hMuGkL06o_QQ/s16000/munaqosyah%20putra.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfYgX-zmg52qF-IsKBEVdcaDxKMVrT9jh6aiGAc2cOBA3iaJZZNbA99aKHMC19CyiYaC0We4TjT0a1e2NOI7wqjlh9yxjieeSjjtjc9nfabrpgzup2OBVBZtJEcDujOviFpV-MjqsjA0hPCJusyPSvk01_qKpU0USm8OM4Xec_Xl94905hMuGkL06o_QQ/s72-c/munaqosyah%20putra.jpg
MBS TRENGGALEK
https://www.mbsmu.com/2024/05/istimewanya-perjuangan-santri-mbs.html
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/2024/05/istimewanya-perjuangan-santri-mbs.html
true
120059883317363549
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content