Munaqosyah Tahfidzul Qur'an 2024: Momen Haru dan Inspiratif di MBS Trenggalek

Drs. Rohmat M.M., Ketua Dewan Kyai MBS Trenggalek saat memberikan sambutan/ foto: dok.  "Sungguh haru rasanya, karena hari ini kita ber...

Drs. Rohmat M.M., Ketua Dewan Kyai MBS Trenggalek saat memberikan sambutan/ foto: dok. 

"Sungguh haru rasanya, karena hari ini kita bertemu dalam satu forum yang sangat-sangat mulia dan kita bertemu bersama orang-orang yang sangat mulia," ungkap Ketua Dewan Kyai MBS Trenggalek, Drs. Rohmat M.M., saat menyampaikan sambutan di acara Munaqosyah Tahfidzul Qur’an Muhammadiyah Boarding School (MBS) Trenggalek Tahun 2024. Acara tersebut dilaksanakan di Pondok Tahfidz MBS Trenggalek, Pogalan pada hari Ahad, (28/5/24).

MBS Trenggalek adalah pondok pesantren yang mengintegrasikan pendidikan pesantren dengan pendidikan umum. Salah satu program unggulannya adalah Tahfidzul Qur’an. Munaqosyah adalah salah satu kegiatan tahunan dalam program Tahfidzul Qur’an tersebut.

Ketua Dewan Kyai MBS Trenggalek menjelaskan bahwa meskipun MBS Trenggalek bukan sekolah tahfidz, program Tahfidzul Qur’an tetap menjadi prioritas dengan dukungan penuh dari program daurah, pendampingan ustadz dan ustadzah, serta fasilitas yang memadai. Program ini dirancang agar santri dapat terus mempertahankan hafalannya.

"Memang secara seutuhnya MBS Trenggalek bukan sekolah tahfidz, namun program tahfidz ini adalah program unggulan. Program daurah yang sudah dilaksanakan di kampus ini maupun di Tawangmangu adalah bagian dari usaha kami untuk memastikan santri terus menghafal," jelas Ustadz Rohmat.

Pondok Tahfidz MBS Trenggalek yang bertempat di Pogalan ini, lanjutnya, menyediakan fasilitas untuk kegiatan daurah, memungkinkan calon tahfidz untuk menginap dan mengikuti program dengan optimal. Selain itu, belajar di MBS Trenggalek ini juga memberikan percepatan dalam pendidikan, termasuk kesempatan bagi santri untuk menjadi imam dan khatib di masjid pondok maupun di luar pondok.

"Belajar di pondok kita ini mungkin mendapatkan percepatan-percepatan dari pada di pondok yang sudah besar. Para hafidz yang hafal satu juz, dua juz dan seterusnya itu sudah berkesempatan untuk menjadi imam di pondok kita. Dan untuk kelas-kelas yang agak tinggi, sudah menjadi imam di masjid yang jamaahnya banyak termasuk dibelakangnya para assatid dan mereka terbiasa untuk itu," tutur Ketua PDM Trenggalek Periode 2010-2022 itu.

Beliau juga menekankan pentingnya istiqomah bagi seluruh santri yang mengikuti Munaqosyah, agar terus melanjutkan menghafal Al-Qur'an tanpa batas waktu, sampai akhir hayat. Di akhir, Ustadz Rohmat berpesan kepada para wali santri untuk senantiasa memberikan doa dan dukungan kepada anak-anak mereka.

"Kami berharap bapak ibu selalu memberikan do’a dan dukungan apapun kepada anak-anak kita. Yang tidak kami inginkan, anak-anak di awal-awal itu senang, rajin, kemudian beberapa saat sudah loyo, sudah males dan seterusnya. Hal itu semoga tidak terjadi pada para santri semuanya," harapnya.

Dengan penuh harap, Ustadz Rohmat ingin agar semangat menghafal Al-Qur’an tetap terjaga dan menjadi bagian dari kehidupan para santri, serta dukungan penuh dari para wali santri dalam perjalanan menghafal ini. [Tim Redaksi]

COMMENTS

Name

Aksi,70,Artikel Pendidikan,11,Informasi,38,Kabar Persyarikatan,26,Kajian,30,Prestasi,25,Tahukah Kamu?,21,
ltr
item
MBS TRENGGALEK: Munaqosyah Tahfidzul Qur'an 2024: Momen Haru dan Inspiratif di MBS Trenggalek
Munaqosyah Tahfidzul Qur'an 2024: Momen Haru dan Inspiratif di MBS Trenggalek
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibxmRHPCjjS7ZP0FJG3S146SKaSdYH6DW_n7si74bs-GM388IGXwmOBkOhnTVvqHwdGdqLAAnmoyxcjtvsQbjkgofuHzj0x7cyEpxmFPxVRVcFyU86uXn2ZMV-KtxXfTJOOBm8RKHVeh8UiqGuLs2jgK0V-X6qPFYXitauX3IUWdcxhk3AqWqS-FIFp_E/s16000/ustadz%20rohmat.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibxmRHPCjjS7ZP0FJG3S146SKaSdYH6DW_n7si74bs-GM388IGXwmOBkOhnTVvqHwdGdqLAAnmoyxcjtvsQbjkgofuHzj0x7cyEpxmFPxVRVcFyU86uXn2ZMV-KtxXfTJOOBm8RKHVeh8UiqGuLs2jgK0V-X6qPFYXitauX3IUWdcxhk3AqWqS-FIFp_E/s72-c/ustadz%20rohmat.png
MBS TRENGGALEK
https://www.mbsmu.com/2024/05/munaqosyah-tahfidzul-quran-2024-momen.html
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/2024/05/munaqosyah-tahfidzul-quran-2024-momen.html
true
120059883317363549
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content