Reog Santri MBS Trenggalek Tampil Memukau, Filosofi Reog Terungkap Di Sini

Reog Ponorogo dibawakan oleh santri MBS Trenggalek tampil memukau dalam kegiatan MBS Show 2023 / foto : istimewa mbsmu.com – Muhammadiyah Bo...

Reog Ponorogo dibawakan oleh santri MBS Trenggalek tampil memukau dalam kegiatan MBS Show 2023 / foto : istimewa
mbsmu.com – Muhammadiyah Boarding School (MBS) Trenggalek, mengadakan Pagelaran Seni MBS SHOW 2023 yang diselenggarakan outdoor di lapangan Masjid Kampus Putra Pogalan, Sabtu (28/1/23).

Tepat di hari H menjelang acara, awan mendung menyelimuti langit disertai dengan gerimis yang beberapa kali membasahi. Hal ini tak menyurutkan antusias santri dan para undangan yang hadir. Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu pimpinan MBS Trenggalek, dewan guru, beserta undangan dari organisasi otonom Muhammadiyah Trenggalek.

(Dari kiri : Ustaz Mujiarto, Ustaz Anang Wahid Cahyono, Ustaz Arifin) Pimpinan MBS Trenggalek memberikan sambutan pembukaan MBS Show 2023/ foto: istimewa
Kegiatan ini dirancang oleh santri kelas 3 (angkatan Dexterious Generation) SMP Muhammadiyah 1 Trenggalek dengan penampilan para santri antara lain: turonggo yakso, pantomim, battle song, puisi kolosal, drama kabaret, puisi arab, tari kombinasi, seni bela diri tapak suci dan tari sajojo. Diikuti oleh seluruh santri MBS Trenggalek kelas 1- 3 SMP dan kelas 4 SMA Muhammadiyah 1 Trenggalek menciptakan alunan simponi nada yang indah, gerak yang lincah dan ide yang indah. Menanamkan nilai-nilai ke-Islaman dan nilai pejuang masa depan yang teladan.

Latihan Mental

Paduan Suara Santri Putra MBS Trenggalek / foto: Aldika
Ustaz Anang Wahid Cahyono, Direktur MBS Trenggalek dalam sambutannya mengatakan, panggung ini merupakan latihan mental. Ajang latihan untuk memperkuat mental dan menyiapkan santri untuk terjun di tengah-tengah masyarakat.

“Jadi anak-anakku semuanya, budaya sekolah pondok dan luar pondok itu berbeda. Kalau sekolah di pondok, belajar di pondok itu bukan hanya menuntut ilmu. Tetapi kalian juga belajar bagaimana berdiri dihadapan orang banyak, belajar bagaimana ceramah, bagaimana cara berdakwah dan itu diperlukan mental yang kuat dan luar biasa,” tuturnya.

“Jangan dikira di panggung ini dengan penamilan-penampilan yang bermacam-macam itu tidak butuh mental semuanya butuh mental,” tegasnya.  

Santri kelas 1 MBS Trenggalek menampilkan battle song pada kegiatan MBS Show 2023 / foto : Aldika
Filosofi Reog Ponorogo

Salah satu penampilan santri yang meriah yaitu turonggo yakso dengan reog ponorogo.  Ustaz Anang mengatakan, mengutip istilah dari K.H Ma’sum Yusuf, bahwa ternyata reog mempunyai filosofi yang tinggi .

“Reog itu bukan hanya seni bukan hanya budaya tetapi reog itu memiliki nilai filosofi yang luar biasa dan itu bisa diadopsi oleh PPM MBS Trenggalek,” terangnya.

R: Religius, itu agamis, diharapkan seluruh warga MBS memiliki nilai religiusitas yang tinggi.

E: Edukatif, bukan hanya dari penampilan agamis tapi semua kegiatan harus bernilai pendidikan.

O: Organizer, segala sesuatunya harus dikoordinir dan direncanakan dengan baik.

G: Global, Ad-Dauli Al-Aulamah, berarti internasional, harus optimis untuk bertumbuh, kelak MBS akan menggetarkan dunia bahkan hingga akhirat.

“Dari pondok yang masih kecil ini insyaAllah kita akan menggetarkan dunia bahkan menggetarkan akhirat, takbir, Allahu Akbar,” tandasnya. [Tim Jurnalistik]

MBS SHOW 2023 SANTRI PUTRA

Saksikan di Chanel You Tube MBS Trenggalek

COMMENTS

Name

Aksi,63,Artikel Pendidikan,11,Informasi,38,Kabar Persyarikatan,25,Kajian,29,Prestasi,25,Tahukah Kamu?,21,
ltr
item
MBS TRENGGALEK: Reog Santri MBS Trenggalek Tampil Memukau, Filosofi Reog Terungkap Di Sini
Reog Santri MBS Trenggalek Tampil Memukau, Filosofi Reog Terungkap Di Sini
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhpYIrQhRYkI1IfMrl5qMXBVB6REDdP_dKmp32u02nBIYaJPL8G-dgqkoaIBh2C05tE8JECn2yXfB_6Umdi0M76s1sgu--eRjnkSjsxM-L-GKUarQnFKy6SWgugNB0BWDhcIJfqxU7luHvpZNtR3_tP6tOE47t6LIOJsa-7epQQLhYz3ETsmmx2Vetj/s16000/reog%20mbs.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhpYIrQhRYkI1IfMrl5qMXBVB6REDdP_dKmp32u02nBIYaJPL8G-dgqkoaIBh2C05tE8JECn2yXfB_6Umdi0M76s1sgu--eRjnkSjsxM-L-GKUarQnFKy6SWgugNB0BWDhcIJfqxU7luHvpZNtR3_tP6tOE47t6LIOJsa-7epQQLhYz3ETsmmx2Vetj/s72-c/reog%20mbs.jpg
MBS TRENGGALEK
https://www.mbsmu.com/2023/01/reog-santri-mbs-trenggalek-tampil.html
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/2023/01/reog-santri-mbs-trenggalek-tampil.html
true
120059883317363549
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content