Kunjungi MIM Suruh, Inilah Kegiatan Ceria Ramadhan Santri MBS Trenggalek

Kegiatan Ceria Ramadhan di MIM Suruh/ foto: Darma.  Santri MBS Trenggalek sukses gelar Ceria Ramadhan 1445 Hijriah di Amal Usaha Muhammadiya...

Kegiatan Ceria Ramadhan di MIM Suruh/ foto: Darma. 

Santri MBS Trenggalek sukses gelar Ceria Ramadhan 1445 Hijriah di Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di Kabupaten Trenggalek, Senin (01/04/24) pagi.

Kegiatan yang dirancang oleh santri kelas 4 (X) MA Muhammadiyah (MAM) Trenggalek ini digelar di  MI Muhammadiyah (MIM) Suruh, Kecamatan Suruh, Kabupaten Trenggalek. Kegiatan tersebut berhasil membuat para siswa terkesan yakni siswa kelas I sampai kelas V.

Kegiatan Ceria Ramadhan merupakan salah satu kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan Tema Bangunlah Jiwa Raganya.

Pipit Rachmawati, Koordinator (P5) MAM Trenggalek Putra, menjelaskan keselarasan tema tersebut di kegiatan Ceria Ramadhan. Tema tersebut selaras dengan kegiatan Ceria Ramadhan, karena dari kegiatan tersebut membawa kebahagiaan untuk sesama.

“Tema P5 kali ini, bangunlah jiwa raganya. Jiwa yang sehat adalah jiwa yang bahagia. Bersamaan Bulan Ramadhan juga, maka kami mengajak anak-anak, santri MBS Trenggalek untuk mengisi Bulan Ramadhan dengan membawa kebahagian untuk anak-anak MIM, itupun juga salah satu bentuk amal,” jelas Ustadzah Pipit sapaannya itu.

Kegiatan ceria Ramadhan di MIM Suruh dibuka dan dimulai pada pukul 08.23 WIB oleh Kevin Triewanda, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al Qur’an oleh Ahmad Fauzi Ridlo. Acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus tausiyah oleh Mujiarto, Kepala MA Muhammadiyah Trenggalek. Pada kesempatan kali ini, yang akrab disapa Ustadz Mujiarto itu, bercerita tentang kisah Nabi Musa a.s. dan Raja Qarun, dan kisah Abdurrahman bin Auf.

Ustadz Mujiarto sedang bercerita tentang Qorun dan Abdurrahman bin Auf kepada siswa MIM Suruh/foto: Pipit
“Qarun adalah seseorang yang kaya raya namun sangat kikir dan sombong. Bahkan dia mendapatkan azab yang sangat mengenaskan dari Allah SWT. Sikap sombong dan kikir itu, lanjutnya, dibalas oleh Allah SWT. Dengan menurunkan gempa bumi dan tanah longsor, yang dapat  menenggelamkan harta dan pengikutnya dan tempat itu dinamakan Danau Qarun,” terangnya.

Ustadz Mujiarto melanjutkan bercerita tentang Abdurrahman bin Auf. Beliau adalah salah satu Sahabat Nabi Muhammad yang dikenal sebagai sosok kaya raya sekaligus dermawan. Beliau sering menyisihkan sebagian hartanya untuk kepentingan kaum muslimin serta membantu perjuangan dakwah Islam. Dan juga pernah menyedekahkan separuh hartanya bahkan bersedekah lagi hingga 40.000 Dinar.

“Dari cerita yang ustadz jelaskan, kira-kira kalian pilih sosok yang mana?,”  tanya Mujiarto kepada siswa MIM Suruh.

Serentak mereka menjawab dengan semangat  Abdurrahman bin Auf”.

Maka dari itu, tekunlah belajar, hormati orang tuamu, dan mintalah doa dari orang tuamu supaya kalian menjadi anak yang sukses dimasa yang akan datang,  tutur Mujiarto.

Setelah tausyiah, dilanjutkan dengan game sambung ayat Al Qur’an yang dipandu oleh Surya Pranata dan Arsyad Habibie.

Saya mengisi kegiatan ini bersama Abi, game ini asyik karena siswa bisa muroja’ah hafalan yang telah dihafal pada saat itu, semoga dengan acara ini siswa siswi MIM Suruh bisa lebih semangat untuk menghafal Al Qur’an, harap Surya

Setelah game sambung ayat selesai, dilanjutkan dengan kegiatan Ta’lim kids/pembacaan dongeng oleh Farfan Artanditya dan Muhammad Faizal. Mereka bercerita tentang Janganlah berbuat Riya’, Sombong, Takabbur, dan jangan egois. Kemudian, kegiatan dilanjut dengan acara Fun Games oleh Muhammad Hafes dan Muhammad Faiq, tujuan acara Fun Games ini adalah untuk memberikan kegembiraan dan keceriaan kepada seluruh siswa dengan permainan Tebak Gambar.

Keseruan semakin bertambah saat pemenang game mendapatkan doorprize. Setelah itu ada kegiatan pembagian bingkisan untuk Anak Yatim Piatu dan Dhuafa oleh Ustadz Mujiarto. Kegiatan tersebut selesai pada pukul 09.45 WIB, ditutup dengan  pembacaan Doa oleh Wahyu Dian dan foto bersama. [Tim Redaksi]

COMMENTS

Name

Aksi,66,Artikel Pendidikan,11,Informasi,38,Kabar Persyarikatan,25,Kajian,29,Prestasi,25,Tahukah Kamu?,21,
ltr
item
MBS TRENGGALEK: Kunjungi MIM Suruh, Inilah Kegiatan Ceria Ramadhan Santri MBS Trenggalek
Kunjungi MIM Suruh, Inilah Kegiatan Ceria Ramadhan Santri MBS Trenggalek
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjAl3KaQKth6sONdeHDxcAPFMB47CPo_HTH4ZwaHd3Br8L2BoUSqCjJo9_HbVXQEm0wFcfhFgqKrRYFWycf1Y_3saqC4VzeKVrzWjvvwat_rTAr7Ll2JpPVViY068Axl5YNqhXEJLhmVVym-m616ZtjnkK0csJ2QR3h8bzI9Fuhs_5FV84L2iXIA1iZjFw/s16000/foto%20bersama%20mim%20suruh.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjAl3KaQKth6sONdeHDxcAPFMB47CPo_HTH4ZwaHd3Br8L2BoUSqCjJo9_HbVXQEm0wFcfhFgqKrRYFWycf1Y_3saqC4VzeKVrzWjvvwat_rTAr7Ll2JpPVViY068Axl5YNqhXEJLhmVVym-m616ZtjnkK0csJ2QR3h8bzI9Fuhs_5FV84L2iXIA1iZjFw/s72-c/foto%20bersama%20mim%20suruh.jpg
MBS TRENGGALEK
https://www.mbsmu.com/2024/04/kunjungi-mim-suruh-inilah-kegiatan.html
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/2024/04/kunjungi-mim-suruh-inilah-kegiatan.html
true
120059883317363549
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content