Tekat Yang Seharusnya Dimiliki Seorang Muslim dengan Al-Qur’an

Naufal Hilmi Ghithirf (di mimbar) sedang melaksanakan kultum setelah sholat tarawih/foto: Randy Teks kajian kegiatan Santri Rihlah Ramadhan ...

Naufal Hilmi Ghithirf (di mimbar) sedang melaksanakan kultum setelah sholat tarawih/foto: Randy
Teks kajian kegiatan Santri Rihlah Ramadhan (Sarima) yang disampaikan oleh Naufal Hilmi Ghithirf, santri kelas 5 Muhammadiyah Boarding School Trenggalek (Siswa Kelas 5) MA Muhammadiyah Trenggalek di Masjid Utsman bin Affan, Nglongsor, Tugu, Kabupaten Trenggalek, Jum’at  (15/3/24).

Tekat Yang Seharusnya Dimiliki Seorang Muslim dengan Al-Qur’an

Al-Qur’an adalah harta yang paling berharga bagi seorang muslim, karena ia adalah hidangan langsung dari Allah SWT yang dapat memenuhi segala kebutuhan dan dahaga jiwa raga manusia.

Dalam sebuah hadist yang bersumber dari Abdullah bin Mas’ud R.A, Rasulullah SAW : “Sungguh Al-Qur’an ini adalah hidangan dari Allah SWT, maka pelajarilah hidangan Allah ini semampumu, ia adalah tali Allah, cahaya penerang, obat yang bermanfaat, pelindung bagi orang yang berpegang teguh kepadanya, keselamatan bagi orang yang mengikutinya, ia tidak bengkok sehingga perlu diluruskan dan ia tidak juga menyimpang sehingga perlu dibenarkan, keajaibannya tidak pernah pudar, tidak pernah usang meskipun selalu diulang-ulang. Maka bacalah karena sesungguhnya Allah akan memberikan pahala kepadamu, setiap huruf akan dibalas dengan 10 kebaikan, aku tidak mengatakan الم adalah satu huruf, tetapi ا satu huruf, ل satu huruf, dan م satu huruf.”

Melalui hadist diatas, Rasulullajh SAW mengajak kepada umatnya untuk senantiasa membaca, mempelajari, mencintai, mengamalkan dan menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman utama dalam kehidupan dunia.

            Seruan Rasulullah tersebut telah disambut dengan begitu antusias oleh para sahabat, tabiin, dan salafus salih. Mereka terpesona oleh Al-Qur’an dan jiwa mereka dibuat mabuk olehnya. Mereka senantiasa istiqomah dalam membaca Al-Qur’an, jika sehari saja tidak membaca Al-Qur’an, mereka merasalah penyesalan yang sangat mendalam seakan-akan telah kehilangan sesuatu yang tidak ternilai harganya.

            Ada sebuah kisah yaitu salah seorang sahabat menangis tersedu-sedu. Maka sahabat yang lain pun bertanya untuk menghiburnya. “Apa yang membuatmu menangis? Apa engkau sakit?” Ia menjawab “Tidak, tetapi lebih daripada itu”. Sahabat kemudian bertanya kembali “Apakah engkau kehilangan harta? Apakah ada keluargamu yang meninggal? Apakah itu wahai sahabatku?” sahabat pun menjawab “Kemarin aku tertidur dan tidak sempat untuk membaca Al-Qur’an, pasti itu karena dosa yang telah aku perbuat.”

            Masya Allah, perhatikanlah jawaban sahabat tersebut, ia merasa sangat menyesal karena sehari saja terlewat tidak membaca Al-Qur’an.

            Subhanallah, memang demikianlah seharusnya jiwa seorang muslim. Hatinya selalu rindu dan terpaut dengan Al-Qur’an. Ya Allah, jadikanlah hati dan jiwa kami selalu rindu dan terpaut dengan Al-Qur’an seperti halnya hati para sahabat-sahabat Rasulullah Aamiin ya rabbal alamiin.

            Memang tekad demikian tidak muncul tiba-tiba, maka dari itu mulai hari ini mari kita bertekad secara continue. Membaca Al-Qur’an tidak perlu mulai dari 3 hari, tetapi mulailah denga napa yang anda mampukan mulai dari satu hizb, kemudian meningkat 1 juz, 2 juz dan seterusnya tetapi dengan catatan harus dilakukan secara istiqomah.

            Ingat! Agama ini begitu dalam, maka masukilah ia dengan perlahan. [Tim Redaksi]

COMMENTS

Name

Aksi,66,Artikel Pendidikan,11,Informasi,38,Kabar Persyarikatan,25,Kajian,29,Prestasi,25,Tahukah Kamu?,21,
ltr
item
MBS TRENGGALEK: Tekat Yang Seharusnya Dimiliki Seorang Muslim dengan Al-Qur’an
Tekat Yang Seharusnya Dimiliki Seorang Muslim dengan Al-Qur’an
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpHH_w6YlWQAbT8O9FDKtMotHxTimFnhNVMYucQOXgfpphU7_E2sF9aafCjL6vU-BvsR0jg8S5hoOexW7BagyJfNCQXDZ7hEzMLxO_aJWiTDAzvbO4B6hlklWT6r4nkG6pOZwQ0de3pDn-1r0sEdXo4WI1B-sa9a3zxlZjzRK_HM1-pGmFIEMrdmhzNiA/s16000/naufal%20kajian.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpHH_w6YlWQAbT8O9FDKtMotHxTimFnhNVMYucQOXgfpphU7_E2sF9aafCjL6vU-BvsR0jg8S5hoOexW7BagyJfNCQXDZ7hEzMLxO_aJWiTDAzvbO4B6hlklWT6r4nkG6pOZwQ0de3pDn-1r0sEdXo4WI1B-sa9a3zxlZjzRK_HM1-pGmFIEMrdmhzNiA/s72-c/naufal%20kajian.jpg
MBS TRENGGALEK
https://www.mbsmu.com/2024/04/tekat-yang-seharusnya-dimiliki-seorang.html
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/
https://www.mbsmu.com/2024/04/tekat-yang-seharusnya-dimiliki-seorang.html
true
120059883317363549
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content